Seperti yang sudah NORE bahas pada artikel sebelumnya, Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi digital marketing yang efektif dan budget friendly untuk UMKM. Sebelum terjun ke dunia digital marketing SEM untuk mengembangkan brand dan online pressence UMKM Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya investasi Anda berbuah manis.
Baca juga: Digital Marketing Website: Mengenal SEO dan SEM
Photo by Myriam Jessier on Unsplash
Budget dan Target
Dengan SEM, Anda dapat mengatur budget iklan Anda sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Tidak perlu buru-buru menggelontorkan dana yang besar, Anda dapat memulai dengan budget minimalis. Anda juga dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk terus bereksperimen supaya strategi digital marketing SEM Anda dapat berkembang seiring dengan bertumbuhnya UMKM Anda.
Jangan lupa untuk menentukan target pencapaian yang Anda inginkan. Siapa target market iklan Anda, berapa banyak orang yang ingin Anda capai, di wilayah mana saja? Hal ini penting supaya Anda dapat menentukan kata kunci dan strategi SEM yang cocok untuk bisnis Anda.
Demografi Pelanggan
Ingat, kepuasan pelanggan merupakan aspek fundamental dalam berbisnis. Pastikan Anda mempelajari demografi target market Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu apa saja yang sedang tren di kalangan target market Anda. Pastikan konten iklan dan website Anda sesuai dan menarik bagi kalangan tersebut. Bekali diri Anda dengan sebanyak mungkin informasi tentang target market supaya Anda dapat menyiapkan strategi jitu online marketing untuk meningkatkan citra brand, online presence, dan penjualan UMKM Anda secara online.
Review Berkala
Awasi terus statistik SEM Anda secara berkala. Perhatikan spending, apakah keyword yang Anda gunakan efektif, traffic, pageview, dan berbagai aktivitas user pada website Anda. Dengan cara ini Anda dapat melihat seberapa efisien strategi Anda bekerja.
Apakah target yang Anda tentukan sudah tercapai? Apakah sudah waktunya untuk bereksperimen dengan kata kunci baru? Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dengan review statistik Anda secara berkala.
Anda juga dapat menggunakan bantuan berbagai macam tools yang ada untuk menunjang promosi Anda melalui SEM diantaranya: Google Ads, Google Analytics, Google Keyword Planner, dan masih banyak lagi.
Konten Menarik
Memang betul, keyword adalah fokus dari SEM. Tetapi Anda harus bijak dalam menggunakan keyword. Jangan sampai Anda melakukan keyword abuse, dimana Anda hanya ingin memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang relevan ke dalam website tanpa mempertimbangkan kualitas konten website. Kemas kata kunci pilihan Anda ke dalam artikel dan text yang menarik dan bermanfaat untuk audience Anda.
Persaingan
Seperti halnya mengembangkan brand secara offline, Anda juga wajib mempelajari kompetitor dengan bisnis serupa terutama yang beroperasi di wilayah yang sama. Cari tahu tentang strategi SEM apa yang diterapkan. Pelajari juga tentang keyword yang banyak digunakan supaya Anda dapat mencari keyword yang tepat dan sesuai untuk budget dan bisnis Anda. Mengetahui kompetisi adalah salah satu hal yang penting supaya Anda dapat menyusun strategi SEM yang dapat bersaing.
Photo by NordWood Themes on Unsplash
Optimasi mobile
Pada era digital ini, sebagian besar masyarakat mencari tahu tentang berbagai brand melalui search engine seperti Google, Yahoo, atau Baidu sebelum kemudian memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa. Kebanyakan aktifitas research tersebut juga dilakukan melalui perangkat seluler. Jangan sampai website Anda sulit diakses dari handphone atau tablet. Meskipun Anda dibekali dengan strategi SEM yang matang, promosi Anda akan jadi kurang efisien jika tampilan website Anda kurang menarik dan user friendly. Pastikan website Anda tampil optimal dan dapat diakses dengan mudah kapan saja dan di mana saja melalui perangkat seluler.
Website NORE dilengkapi dengan optimasi mobile dan template dengan desain-desain terkini yang cocok untuk berbagai macam kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda ingin membuat website untuk UMKM Anda dengan optimasi mobile, pemeliharaan, pengoperasian, dan tampilan berkualitas yang user friendly, NORE siap membantu. Anda juga dapat menggunakan layanan digital marketing SEM dari NORE untuk mempromosikan website dan mengembangkan bisnis Anda. Tunggu apa lagi, langsung konsultasi di sini.