Usaha online adalah salah satu jenis usaha yang dapat bertahan dalam berbagai macam kondisi, terutama saat situasi sedang tidak menentu seperti saat ini. Mempromosikan UMKM yang Anda miliki secara online untuk meningkatkan online presence dan peluang penjualan dengan Search Engine Marketing (SEM) bisa jadi solusi untuk mengembangkan usaha Anda.
Baca Juga: Rahasia Sukses Jualan Online
Photo by Dan Burton on Unsplash
Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dapat Anda nikmati jika Anda menggunakan SEM untuk mempromosikan UMKM Anda:
Budget Fleksibel
Tidak perlu budget besar untuk menggunakan SEM sebagai strategi digital marketing untuk mempromosikan website UMKM Anda. Tentukan sendiri budget sesuai dengan modal yang dimiliki, cari informasi mengenai kata kunci yang cocok dengan barang atau jasa yang ditawarkan, dan cari tahu kata kunci mana yang harganya cocok dengan budget Anda.
Sebagai tambahan, dengan SEM Anda juga dapat menentukan luasan wilayah dan lokasi di mana iklan akan ditayangkan.
Memperluas Pasar
Pada era digital ini, sebagian besar konsumen memanfaatkan mesin pencarian (Google, Yahoo, Baidu, dll) untuk mencari informasi sebelum membeli produk. Dengan menggunakan SEM dan keyword yang tepat, usaha Anda memiliki peluang yang besar untuk ditemukan di halaman hasil pencarian oleh calon pembeli. Hal ini tentunya dapat meningkatkan brand awareness, online presence, dan penjualan Anda.
UMKM yang Anda miliki tidak hanya berkesempatan untuk berkembang di pasar lokal. Dengan kemampuan SEM untuk dengan cepat menempatkan website UMKM di halaman hasil pencarian dan menentukan lokasi iklan, Anda juga dapat membuka kesempatan untuk menembus pasar internasional dan meningkatkan peluang ekspor.
Profesional
Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya dimana sebagian besar konsumen terlebih dahulu melakukan research dengan mesin pencarian sebelum membeli produk, memiliki website dan memasang iklan pada halaman hasil pencarian dapat memberikan citra profesional pada usaha Anda. Apalagi jika didukung desain website yang menawan. Soal bagaimana cara membuat website yang memukau hati calon pelanggan, Anda tidak perlu khawatir, NORE bisa membuat website berkualitas yang cocok untuk apapun bidang usaha Anda, konsultasi di sini.
Kompetisi
Dalam hal kompetisi pasar, tentunya UMKM akan menemui tantangan besar jika berhadapan dengan brand yang lebih besar. Terlebih lagi jika UMKM Anda tergolong baru. Tetapi Anda tidak perlu kehilangan rasa percaya diri. Dengan SEM, UMKM dapat berkompetisi dengan brand yang lebih besar dengan produk serupa. Pastikan Anda mempelajari tentang kata kunci dan strategi Search Engine Marketing yang tepat.
Menyentuh Target
SEM dapat menyentuh target pasar secara lebih spesifik melalui pengaturan yang tepat. SEM dapat diarahkan untuk membidik kelompok audience tertentu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengatur wilayah SEM dan kata kunci yang sesuai dengan usaha dan target pasar. Hal ini tentunya lebih efektif jika Anda mengincar kelompok target pasar yang spesifik, berbeda dengan marketing tradisional yang biasanya membutuhkan lebih banyak biaya dan target audience-nya cenderung meluas.
Tumbuh Bersama
Seiring dengan berkembangnya usaha Anda, Anda juga dapat mengembangkan pengaturan SEM sesuai dengan skala usaha. Anda dapat menambah budget SEM, menambah lokasi iklan, dan memperluas cakupan iklan untuk menyentuh lebih banyak target.
Photo by Alizée Baudez on Unsplash
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat website dan melakukan set up SEM yang tepat untuk usaha Anda, langsung saja konsultasi ke NORE. Hubungi kami melalui email [email protected] atau chat langsung dengan customer service officer kami di sini.