Peluang bisnis logistik online di Indonesia layak untuk diperhitungkan. BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat nilai impor Indonesia 16,68 miliar dolar AS pada Agustus 2021 (dikutip dari: kompas.com). Jumlahnya pun terus meningkat setiap bulannya. Dengan adanya penyedia jasa impor dan freight forwarder di Indonesia, pebisnis maupun konsumen bisa lebih mudah mendapatkan berbagai macam barang yang tidak tersedia ataupun dibuat di dalam negeri. Seiring dengan kemajuan teknologi, bisnis ini pun dapat Anda lakukan secara digital. Dengan digitalisasi pada bisnis logistik, pebisnis dan konsumen pun dapat menikmati kemudahan diantaranya adalah untuk pemesanan, trekking barang, pengolahan data inventory, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk terjun ke bidang bisnis ini? Simak dulu kunci sukses bisnis logistik online:
Baca juga: 5 Inspirasi Website Company Profile dari Brand Ternama
Table of Contents
Buat Website
Untuk masuk ke pasar logistik online, tentunya hal pertama yang Anda butuhkan adalah space dan identitas di dunia maya. Website merupakan hal terpenting yang wajib Anda miliki. Website nantinya akan menjadi portal bagi pebisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Manfaat website untuk bisnis logistik, diantaranya:
Memperkenalkan Perusahaan
Informasi mendasar seperti info kontak perusahaan dan profil dapat Anda tampilkan pada website untuk memudahkan calon pelanggan menemukan dan menghubungi perusahaan Anda. Berbagai macam informasi dapat dengan mudah ditampilkan dan di-update dengan website. Mulai dari informasi layanan, memajang produk, dan banyak informasi tambahan seperti keunggulan atau testimoni pelanggan yang puas. Anda juga dapat meningkatkan citra profesional dengan website perusahan.
Portal Order, Trekking Barang, dan Konsultasi
Website juga dapat dimanfaatkan sebagai portal bagi calon pelanggan untuk langsung melakukan order. Seperti pada website Titip Jepang di bawah ini, dimana pelanggan dapat langsung memilih barang yang diinginkan dari website. Nantinya pelanggan dapat melakukan pre-order atau membeli langsung barang yang tersedia.
Untuk memastikan kenyamanan dan kepercayaan dari pelanggan, Anda juga dapat memasang trekking pesanan pada website. Dengan adanya fitur ini, pelanggan dapat melacak progress ekspedisi secara berkala tanpa perlu kesulitan menghubungi customer service secara langsung.
Selain itu, Anda dapat memasang fitur kalkulator dan chat supaya pelanggan dapat terlebih dahulu melakukan pengecekan pada harga dan tarif pengiriman dan jika mengalami kesulitan pelanggan bisa segera menghubungi customer service melalui kolom percakapan yang tersedia di website.
Layanan Customer Service 24 Jam
Dengan adanya kolom chat dan form untuk kontak, pelanggan dapat menghubungi customer service di mana saja dan kapan saja. Anda juga dapat menggunakan respon otomatis yang dapat membantu customer di luar jam operasional kantor. Sediakan halaman FAQs (Frequently Asked Questions) bila perlu.
Manfaatkan Digital Marketing
Jika Anda sudah memiliki website, digital marketing merupakan langkah selanjutnya untuk memastikan bisnis Anda dikenal dan dilirik oleh pelanggan. Anda dapat memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) untuk mempromosikan website bisnis logistik online Anda.
Baca juga: Digital Marketing Website: SEO vs SEM
SEO
Website dapat membantu pelanggan untuk menemukan perusahaan Anda melalui SEO. Anda dapat menuliskan berbagai macam kata kunci yang berhubungan dengan layanan pada website, nantinya mesin pencari akan memindai kata kunci tersebut dan memunculkan website pada hasil pencarian yang sesuai.
Optimasi SEO dapat Anda lakukan melalui penulisan konten website seperti judul website, konten di footer, artikel, deskripsi produk, dan lainnya.
SEM
Penggunaan SEM sangat efektif untuk mempromosikan perusahaan melalui website. Anda dapat menyesuaikan budget untuk mengiklankan website Anda di mesin pencarian. Jika SEO membutuhkan waktu untuk menambah peluang pelanggan menemukan website Anda di mesin pencarian, penggunaan SEM dapat menyingkat waktu dan memberikan efek positif dalam waktu yang lebih singkat. Dengan SEM, website Anda akan di fitur di bagian paling atas halaman pencarian yang secara otomatis meningkatkan kemungkinan website Anda dilihat oleh pelanggan.
Hubungkan Website ke Media Sosial
Promosi di media sosial ramai dilakukan oleh banyak perusahaan besar seluruh dunia. Anda bisa memasang berbagai macam gambar promosi atau barang-barang yang Anda jual di halaman profil. Apalagi sekarang di platform seperti Facebook (Marketplace) dan Instagram (Instagram Shopping) sudah disediakan bagian khusus untuk jual beli. Di Instagram Shopping Anda dapat menghubungkan website ke akun media sosial dan memajang barang-barang dagangan. Nantinya pelanggan akan digiring untuk melihat barang di website.
Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Ads yang ada di berbagai platform media sosial untuk mendongkrak reputasi brand dan penjualan Anda.
Baca juga: Mengenal Instagram Shopping
Nah, itu dia sedikit tips bisnis logistik online dari NORE. Jika Anda membutuhkan website untuk bisnis Anda, kami bisa bantu. Konsultasi GRATIS hubungi kami melalui email di [email protected], WA +62 811-2772-788, atau kunjungi headquarter NORE Inovasi Semarang di Gedung SETOS Lantai Dasar G.10, Jl. Inspeksi Gajahmada, Semarang.