Mungkin Anda baru membuat website portfolio dan bingung bagaimana caranya supaya website Anda muncul di Search Engine Result Page (SERP) atau mungkin Anda ingin meningkatkan traffic website toko online Anda. SEO dan SEM adalah jawabannya. Apa itu SEO dan SEM? Simak artikel berikut ini.
Pengertian SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah strategi untuk meningkatkan traffic website secara organik. SEO mengandalkan kata kunci yang ada pada website Anda supaya dapat terdeteksi dengan mudah oleh mesin pencarian (search engine) seperti Google, Yahoo, Baidu, dan lainnya.
Tujuan utama dari SEO adalah menempatkan website atau halaman yang ada pada website di peringkat teratas SERP atau halaman hasil pencarian. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website sehingga lebih mudah terlihat oleh target audience dengan harapan dapat meningkatkan traffic website. Bagi Anda yang menawarkan jasa atau barang, kenaikan traffic website dapat membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan.
Baca artikel lebih lengkap mengenai SEO di sini.
Pengertian SEM
Pada dasarnya tujuan SEM sama dengan SEO, yaitu menempatkan website pada peringkat teratas SERP. Akan tetapi SEM merupakan strategi digital marketing berbayar. Singkatnya, menggunakan SEM sama saja dengan memasang iklan pada halaman hasil pencarian.
Anda akan diminta untuk memilih serangkaian kata kunci yang relevan untuk website Anda. Kata kuncinya dapat dihubungkan dengan kategori website (contoh: website perusahaan, toko online, pendidikan), konten website (contoh: portfolio desain interior, profil calon walikota, berita), jasa, atau produk yang Anda jual. Nantinya mesin pencarian akan menampilkan halaman website Anda jika ada user yang menggunakan kata kunci yang Anda pilih.
Baca juga: Tips Membuat Website Anda Ramai Pengunjung
Sesudah sedikit mengenal SEO dan SEM, selanjutnya mari kita bahas apa saja perbedaan kedua strategi digital marketing ini.
Tampilan
Tampilan website dengan SEO dan SEM akan terlihat berbeda di halaman pencarian. Website dengan SEM akan dibubuhi label “Ad” pada hasil pencariannya. Berikut ini adalah contohnya:
Contoh 1: Tampilan SEM
Contoh 2: Tampilan SEO
Biaya
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SEM adalah strategi digital marketing berbayar untuk search engine. Biasanya sistem yang digunakan adalah pay per click. Sedangkan SEO gratis dan tidak dipungut biaya apapun.
Waktu
SEM dapat bekerja dalam waktu singkat dan dengan cepat memunculkan website Anda pada halaman hasil pencarian, selain itu SEM juga lebih fleksibel dalam hal waktu pemasangan, penggantian kata kunci, pengaturan cakupan wilayah, headline, dan konten iklan yang ingin Anda pasang.
SEO membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat tampil di halaman pencarian dan dilihat hasilnya. Butuh ketelitian dan konsistensi untuk terus memantau dan mengembangkan strategi SEO untuk website Anda.
Photo by Melanie Deziel on Unsplash
Apapun strategi yang Anda pilih, baik SEO dan SEM keduanya tetap membutuhkan research untuk demografi dan keyword yang tepat. Anda harus terlebih dahulu mengenal target audience untuk website Anda mulai dari personality, taste, gaya hidup, dan apa yang sebenarnya dicari oleh target audience. Jangan lupa untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kata kunci relevan untuk website Anda dan mempelajari pesaing supaya Anda dapat menyusun strategi digital marketing yang jitu.
Bagi Anda yang membutuhkan SEM untuk website Anda tetapi masih belum memahami seluk-beluk SEM, jangan khawatir karena NORE bisa membantu. Konsultasikan kebutuhan SEM Anda di sini.