Modal Minimal Untung Maksimal dengan Website E-commerce

Tahukah Anda bahwa e-commerce sudah ada sejak tahun 1980an? Alternatif belanja online ini juga semakin populer di dua dekade terakhir. Apalagi setelah pandemi global melanda, banyak perusahaan yang mulai serius untuk merambah dunia e-commerce. Menurut statista.com, di tahun 2020 penjualan ritel e-commerce di seluruh dunia mencapai 4.28 triliun US dollar dan pada tahun 2022 diramalkan dapat meraup penghasilan mencapai 5.4 triliun US dollar. Bisnis e-commerce menjanjikan berbagai macam peluang dan keuntungan serta kestabilan dalam menghadapi berbagai macam rintangan pasar.

Apa itu e-commerce? Bagi Anda yang masih kurang akrab dengan istilah ini, e-commerce secara garis besar dapat didefinisikan sebagai aktivitas jual beli yang dilakukan melalui perangkat elektronik secara online. Dewasa ini, banyak orang melakukan belanja online melalui situs-situs e-commerce menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Banyak sekali keuntungan e-commerce bagi konsumen, diantaranya adalah dapat mencari produk dengan lebih cepat, mudah mendapat perbandingan harga, menghemat waktu dan biaya perjalanan, membeli barang dari mana saja melewati batas geografis, dan masih banyak lagi. Konsumen tidak perlu lagi repot-repot pergi ke pusat perbelanjaan atau pergi ke luar negeri untuk membeli barang. Belanja online dapat memudahkan dan memberikan berbagai macam pilihan bagi konsumen.

Selain menguntungkan bagi konsumen, banyak juga keuntungan bagi Anda para pemilik bisnis. Yuk, bahas lebih lanjut mengenai keuntungan website e-commerce bagi pebisnis.

 

Baca juga: Website Belajar Digital Marketing Gratis

 

Hemat Modal

Ya, betul sekali. Hemat modal adalah salah satu keuntungan e-commerce yang paling menggiurkan. Terutama jika Anda memulai dengan modal yang kecil. Anda tidak perlu menggelontorkan biaya besar untuk menyewa toko. Cukup dengan modal website dan media sosial Anda dapat memasarkan produk. Selain itu, di tahap awal pebisnis juga dapat memusatkan aliran dana untuk pengembangan produk dan servis sehingga barang yang ditawarkan dan layanan yang diberikan sama-sama berkualitas prima.

 

www.klamby.id

 

Sebut saja brand lokal seperti Wearing Klamby dan Nona, awalnya kedua brand ini mulai dengan menjual barang melalui website e-commerce dan memasarkannya melalui media sosial. Saat ini Wearing Klamby sudah memiliki gerai offline di Plaza Indonesia, Jakarta. Nona pun mulai memamerkan barang di gerai retail ternama di Grand Indonesia, Kota Kasablanka, dan PIM2.

 

Cepat dan Fleksibel

Butuh update stok produk baru? Dengan website e-commerce Anda dapat melakukannya dalam hitungan detik. Upload gambar, video, lengkapi deskripsi produk, jumlah stok, dan produk dapat langsung Anda tayangkan pada halaman website.

Anda dapat meng-highlight produk-produk baru, promo, dan informasi penting lainnya dengan menampilkanya pada home page atau landing page. Anda juga dapat melakukan update diskon dan lainnya dengan mudah.

 

Hemat Biaya Iklan & Marketing

Dibandingkan dengan iklan fisik seperti memasang iklan di baliho atau membagikan brosur, memanfaatkan strategi digital marketing seperti SEO, SEM, dan social media marketing untuk mengiklankan website dan memasarkan produk Anda relatif lebih terjangkau. Anda juga dapat mencapai target market di berbagai tempat di seluruh dunia. Biaya dapat disesuaikan dengan budget, sehingga seiring dengan perkembangan bisnis Anda pun dapat memodifikasi iklan dan strategi pemasaran untuk mencapai target yang lebih banyak.

 

Baca juga: Digital Marketing Website: Mengenal SEO dan SEM

 

Mencapai Pelanggan Potensial Lewat Digital Marketing

Website e-commerce juga dapat menjadi tools bagi pebisnis untuk menarik pelanggan baru. Dengan digital marketing calon pelanggan dapat menemukan perusahaan Anda melalui mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, atau platform media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Anda juga dapat menggunakan digital marketing untuk fokus pada demografi tertentu. Misalnya Anda menjual produk souvenir pernikahan, maka Anda dapat melakukan pengaturan supaya iklan ditampilkan kepada pelanggan potensial yang membutuhkannya.

 

Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Tidak ada kata tutup toko dalam bisnis e-commerce. Order dapat masuk kapan saja 24 jam selama 7 hari. Anda juga dapat dengan cepat merespon pertanyaan dan pesanan dari pelanggan melalui fitur seperti email customer service, chat, atau link Whatsapp yang dipasang di website Anda.

Mulai bisnis Anda dengan modal minimal dan raup untung maksimal sekarang juga dengan website e-commerce. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website e-commerce tidak perlu khawatir, NORE bisa bantu. Layanan website NORE berlangganan, dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan, serta lengkap dengan pemeliharaan dan pengoperasian. Selain itu, kami juga menawarkan layanan digital marketing (SEM) untuk meningkatkan online presence brand Anda dengan biaya terjangkau dan fleksibel. Hubungi NORE sekarang.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Jelajahi lebih lanjut