Menggunakan e-mail marketing untuk promosi toko online memang masih sangat umum digunakan. Tetapi bukan berarti mudah dilakukan. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa untuk meningkatkan efisiensi e-mail marketing:
Kenali Pengguna
Salah satu hal yang paling penting untuk memastikan promosi berjalan dengan baik adalah cari tahu lebih jauh mengenai target marketing. Apakah pengguna website merupakan pengguna lama atau pengguna baru, apakah sudah pernah bertransaksi di toko online sebelumnya atau merupakan pelanggan baru? Ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan seperti perihal demografi (usia, lokasi, pekerjaan, dsb) dan juga hal-hal yang menarik minat target marketing.
Informasi tambahan: Mengenal target marketing atau pengguna website dengan lebih baik tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi e-mail marketing saja, tetapi dapat membantu untuk menyusun strategi marketing secara keseluruhan.
Segmentasi Subscriber
Jika sudah mengenal pengguna dengan baik, tahap segmentasi akan lebih mudah untuk dilaksanakan. Lakukan segmentasi subscriber newsletter dan kelompokkan ke dalam kelompok subscriber yang sesuai misalnya kelompok subscriber baru, subscriber lama, subscriber kelompok usia remaja, subscriber kelompok usia dewasa, dan kategori lainnya. Dengan begini, akan lebih mudah untuk menyesuaikan konten yang akan dikirim dan mana kelompok subscriber yang sesuai.
Konten Menarik
Setelah melakukan segmentasi pada subscriber newsletter, pastikan konten e-mail marketing sudah sesuai. Manfaatkan penggunaan elemen grafis atau gambar dengan baik dan pilih kalimat yang bersahabat. Jangan “berjualan” secara berlebihan. Hal ini akan mengurangi kualitas konten.
Promosi Newsletter
Pastikan pengguna website mengetahui tentang fitur newsletter. Buat bagian khusus untuk registrasi newsletter dan promosikan fitur ini secara aktif melalui popup pada website untuk menarik pengguna website bergabung.
Berikan Insentif
Menambah pengguna website toko online untuk mendaftar sebagai subscriber newsletter juga bukan hal yang mudah. Berikan insentif yang menarik seperti bonus, potongan harga, atau informasi pre-sale produk yang dapat meningkatkan minat pengguna untuk mendaftar menjadi subscriber newsletter website toko online.
Jika Anda membutuhkan website toko online dengan fitur newsletter, jangan ragu untuk segera menghubungi NORE. Konsultasi sekarang juga, GRATIS. Solusi untuk masalah IT no repot, no rempong.