Staycation, gaya liburan ini menjadi populer sejak pandemi melanda. Menurut Cambridge Dictionary, staycation memiliki arti sebagai liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah, daripada bepergian ke tempat lain. Sedangkan menurut beberapa sumber lainnya, istilah ini juga bisa diartikan sederhana sebagai liburan yang dilakukan dengan cara tinggal atau menetap di suatu tempat (sumber: pegipegi.com). Seiring dengan naik daunnya staycation, hotel pun semakin gencar diburu masyarakat sebagai destinasi liburan. Jika Anda pelaku bisnis perhotelan, tentunya Anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Memiliki website bisa jadi sangat penting untuk menarik minat konsumen untuk berkunjung, menginap, atau melakukan kegiatan staycation di hotel Anda. Simak 5 alasan mengapa hotel wajib punya website berikut:
Table of Contents
Branding: Bangun Citra dan Cerita Anda Sendiri
Salah satu alasan utama mengapa hotel wajib punya website adalah fakta bahwa Anda dapat membangun citra dan sudut pandang cerita brand Anda sebebas dan sekreatif mungkin melalui website. Pada website Ayana Midplaza Jakarta misalnya, diceritakan bahwa Ayana Midplaza merupakan oasis di tengah kebisingan Sudirman.
Abadikan sudut-sudut terbaik, fasilitas, serta keistimewaan yang dapat Anda berikan kepada tamu dan tampilkan pada website. Dapatkan reaksi positif dan booking dari calon tamu.
SEO dan SEM
Tentunya Anda sudah tahu fakta bahwa di era digital ini banyak orang menggunakan search engine untuk mencari berbagai informasi, termasuk info tentang destinasi liburan yang diinginkan. Menjelajah mencari informasi hotel di mesin pencarian sebelum memutuskan tujuan liburan pun juga menjadi bagian dari riset yang dilakukan para pelancong.
Baca juga: Digital Marketing Website: Mengenal SEO dan SEM
Disinilah mengapa penting bagi hotel untuk memiliki website. Melalui mesin pencarian, calon tamu dapat menemukan hotel Anda. Jika hotel ditampilkan pada rekomendasi melalui Google Maps, klien dapat dengan mudah mencari informasi lebih lanjut dengan klik button website yang tersedia pada info map. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan strategi digital marketing SEM (search engine marketing) untuk mengiklankan hotel dan memperkenalkannya kepada lebih banyak tamu potensial.
Kanal Komunikasi Utama
Website dapat menjadi kanal komunikasi utama Anda dengan tamu. Jika melalui pihak ketiga, seringkali info kontak dan kontak langsung ke customer service dibatasi. Tetapi melalui website, tamu dapat mengakses info kontak langsung atau menghubungi customer service melalui fitur chat yang tersedia. Menanyakan info seputar hotel, fasilitas, dan booking jadi lebih ringkas. Website juga mudah diakses melalui berbagai perangkat baik itu desktop, laptop, maupun ponsel pintar.
Selain itu Anda juga dapat memisahkan kontak yang ada sesuai dengan fasilitas hotel. Misal pada halaman restran maka link kontak yang diberikan diarahkan langsung kepada pengelolanya. Sedangkan untuk halaman spa dan pusat kebugaran, kotak yang ada juga dapat diarahkan langsung kepada pengelola fasilitas tersebut. Hal ini tentunya dapat memudahkan calon tamu dan memotong proses penyambungan kontak yang sulit dan memakan waktu.
Promosi Destinasi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dimana Anda dapat memanfaatkan website untuk menampilkan informasi teks dan gambar dengan fleksibel, Anda juga dapat mempromosikan atraksi, lingkungan yang ada di sekitar hotel atau menceritakan lebih dalam mengenai kota tempat hotel berdiri. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik hotel sebagai destinasi liburan.
Misalnya hotel Anda berlokasi di dekat pantai dan pusat perbelanjaan, tentunya pengunjung yang ingin menginap untuk alasan rekreasi dapat mempertimbangkan untuk menginap di hotel Anda. Atau mungkin hotel Anda dekat dengan bandar udara dan kompleks perkantoran? Pengunjung dengan tujuan bisnis akan semakin tertarik untuk menginap. Informasi mengenai destinasi ini sangat penting untuk membedakan Anda dengan hotel lainnya dan menarik tamu sesuai dengan tujuan berkunjung.
Direct Sales
Melalui website, Anda dapat memasang fitur booking kamar atau fasilitas lainnya. Melalui aplikasi pihak ketiga, seringkali Anda harus membayar fee tambahan. Jika Anda dapat membuat deal secara langsung tentunya Anda dapat memberikan harga yang lebih ekonomis untuk tamu.
Selain itu Anda dapat memberikan berbagai macam promo dan penawaran unik tanpa batas waktu dan menyesuaikan dengan berbagai macam peraturan. Anda dapat membuat promo sesuai dengan waktu atau berdasarkan produk yang ada. Misal pada akhir hingga awal tahun yang banyak diminati sebagai tanggal pernikahan, Anda dapat memberikan paket khusus untuk pesta dilengkapi dengan fasilitas gratis seperti romantic honeymoon suite bagi calon pengantin. Atau di hari besar tertentu Anda dapat memberikan promo buffet all-you-can-eat bertema.
Bagaimana, apakah hotel Anda sudah punya website yang dapat merepresentasikan brand hotel dengan baik? Apakah website Anda beroperasi dengan efisien? Layanan website profesional untuk website responsif dengan desain berkualitas yang dapat disesuaikan dengan brand image perusahaan. Website perhotelan terbaik, hubungi NORE.