Pada artikel sebelumnya NORE sudah membahas sekilas tentang ilmu warna. Jika Anda sudah mempelajari sedikit mengenai teori dasar warna dan psikologi warna, di artikel ini NORE akan membahas tentang memanfaatkan ilmu warna untuk branding. Warna yang Anda pilih nantinya dapat diaplikasikan pada berbagai macam hal yang berkaitan dengan perusahaan seperti logo, website, kantor atau etalase toko, seragam, hingga desain konten media sosial perusahaan. Berikut ini adalah 3 tips memilih warna untuk brand Anda.
Baca juga: Mengenal Metaverse dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-hari
Table of Contents
Kepribadian Brand
Sebelum menentukan warna yang tepat, tentukan dulu kepribadian brand dan citra seperti apa yang ingin ditampilkan kepada audiens. Siapa target market Anda dan apa yang cenderung diinginkan oleh kelompok demografi tersebut? Image seperti apa yang ingin Anda tampilkan? Semangat dan inovasi? Stabilitas dan rasa aman? Atau kesan mewah dan elegan? Setelah menentukan kepribadian brand, Anda dapat dengan lebih mudah menentukan warna yang sesuai.
Mengenal Kombinasi Warna
Ketika memilih warna, color wheel adalah acuan yang dapat digunakan untuk menentukan kombinasi warna yang sedap dipandang mata. Itulah mengapa memiliki pengetahuan dasar warna merupakan hal yang penting.
Baca juga: Tren Desain Website 2022
Suatu perusahaan bisa menggunakan 1-4 warna sekaligus sesuai dengan brand image yang ingin ditampilkan. Berikut ini adalah jenis kombinasi warna yang lumrah digunakan:
- Monokromatik: Variasi dari satu warna yang sama. Tantangan yang mungkin dihadapi adalah memilih variasi warna yang tepat agar keseluruhan desain terlihat menarik.
- Analog: Warna yang saling bersebelahan di dalam color wheel seperti biru dan ungu atau merah dan oranye. Kombinasi warna analog membuat desain terlihat harmonis, akan tetapi tidak terlalu efektif untuk menunjukan kontras.
- Komplementer: Warna yang saling berseberangan pada color wheel seperti merah dan hijau, atau kuning dan ungu. Kombinasi ini melengkapi satu sama lain dengan harmonis dan sangat efektif untuk menciptakan kontras. Akan tetapi kombinasi warna komplementer banyak digunakan oleh berbagai macam brand sehingga mungkin lebih mudah untuk ditemukan di pasaran dan agak sulit untuk membuat desain terlihat lebih unik.
- Triadik: Kombinasi warna yang membentuk segitiga pada color wheel seperti warna hijau, ungu, dan oranye. Ada lebih banyak elemen warna yang dapat Anda gunakan di dalam desain. Pilih kombinasi warna yang sesuai dengan filosofi perusahaan.
Masih ada lagi berbagai macam kombinasi warna yang dapat Anda pelajari dan gunakan. Jika menemukan kesulitan Anda dapat menggunakan bantuan color scheme designer seperti paletton.com, color.adobe.com, dan canva.com
Memilih Warna
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih warna, yaitu:
- Warna utama: Dari berbagai macam kepribadian brand Anda, mana yang paling dominan dan menarik bagi audiens? Setelah Anda menentukan warna utama, Anda dapat memilih warna lain yang terlihat harmonis dikombinasikan dengan warna tersebut.
- Warna aksen: Memilih aksen bisa jadi sedikit sulit. Warna yang dipilih harus sesuai dengan brand image dan juga warna utama. Tetapi warna aksen dapat memberikan kontras dan membuat keseluruhan desain menjadi lebih menarik.
- Warna netral: Warna netral adalah warna yang biasanya digunakan sebagai background dan menjadi jembatan bagi keseluruhan kombinasi warna lainnya agar tampak lebih harmonis.
Baca juga: 5 Inspirasi Website Company Profile dari Brand Ternama
Contohnya, NORE memilih warna hijau sebagai warna utama. Dalam filosofi brand NORE, hijau menggambarkan pertumbuhan dan kemakmuran. NORE memiliki visi untuk terus bertumbuh dan misi untuk membawa kemakmuran bagi diri maupun klien. Sebagai aksen, NORE menggunakan warna kuning terang, selain sebagai kontras, warna kuning juga menggambarkan semangat tim NORE untuk terus memberikan pelayanan terbaik. Sedangkan untuk warna netral NORE memilih putih supaya keseluruhan desain terlihat bersih dan di waktu yang sama dapat lebih menonjolkan warna utama dan aksen yang dipilih.
Jika Anda ingin membuat website dan app yang dapat didesain sesuai dengan brand image dan menggunakan warna brand Anda, jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Tersedia berbagai macam pilihan layanan untuk berbagai macam kebutuhan. Kunjungi kantor NORE Inovasi di SETOS Lt. Dasar G10, Jl. Inspeksi Gajahmada, Semarang.