Strategi Jitu Digital Marketing Tahun 2022 dari Sun Tzu

Sun Tzu adalah jendral perang China yang dikenal sebagai penulis salah satu literatur paling berpengaruh sepanjang masa berjudul “The Art of War”. Berbagai macam pelajaran dapat kita ambil dari buku strategi perang tersebut, termasuk strategi digital marketing. Meskipun sudah bertahun-tahun lamanya buku ini diterbitkan, berbagai macam strategi Sun Tzu masih relevan untuk diaplikasikan di dunia digital marketing modern. Persiapkan diri Anda untuk persaingan bisnis di tahun depan dan simak 3 strategi jitu digital marketing tahun 2022 dari Sun Tzu berikut ini:

 

Photo by Steve Johnson on Unsplash

 

“Hanya ada 5 warna primer (biru, kuning, merah, putih, dan hitam), tetapi jika dikombinasikan, warna-warna ini dapat menghasilkan berbagai macam warna lain yang jumlahnya tidak terkira.”

 

Jangan jadikan keterbatasan sumber daya sebagai penghalang. Seperti menurut Sun Tzu, meskipun warna primer hanya sedikit, tapi dapat menghasilkan berbagai macam warna lainnya jika dicampurkan. Selalu berpikir kreatif, manfaatkan apa yang dimiliki, dan jangan takut untuk mencoba berbagai hal baru untuk menciptakan formula strategi digital marketing terbaik yang sesuai dengan target market dan bisnis Anda.

Dilansir dari expertmarket.co.uk, perusahaan fashion ASOS yang mendunia pun tidak melulu menggunakan dana besar untuk melancarkan strategi digital marketing-nya. ASOS mempelajari perilaku target marketnya, yaitu kaum millennial, dan menemukan banyak dari golongan ini yang menghabiskan waktu dengan gadget di platform media sosial Instagram. ASOS kemudian memanfaatkan User Generated Content (USG) dan menggiatkan pelanggannya untuk mengunggah momen saat menggunakan produk ASOS di bawah tagar AsSeenOnMe dan memberikan kesempatan bagi foto-foto yang diunggah untuk tayang di profil Instagram ASOS. Saat ini sudah ada lebih dari 1,8 juta post dengan tagar tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa tanpa budget besar pun Anda dapat membuat sebuah inovasi digital marketing yang membawa perhatian masyarakat pada bisnis Anda. Gunakan apapun yang ada dan jadikan senjata bagi Anda untuk jadi pemenang dalam persaingan bisnis di dunia digital.

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk mencari strategi digital marketing yang bekerja dengan efisien. Lakukan berbagai macam percobaan dan eksperimen sampai menemukan cara yang terbaik. Dengan kreatifitas dan ketekunan, Anda dapat mengalahkan keterbatasan yang Anda miliki.

 

Photo by Jose Castillo on Unsplash

 

“Jika mengabaikan baik musuh dan diri sendiri, Anda akan tertimpa mara bahaya.”

 

Kenali kekuatan dan kemampuan yang Anda miliki agar dapat memanfaatkan sumber daya dengan efisien, lakukan riset target market, dan jangan ketinggalan untuk mencari tahu informasi pesaing yang berkompetisi di bidang serupa. Kemudian, pastikan untuk selalu update diri Anda dengan tren terkini baik mengenai apa yang sedang populer di kalangan target market, serta tentang teknologi dan digital marketing.

Misalnya saja baru-baru ini Instagram mendongkrak efisiensi konten video baik yang berupa reels maupun IGTV, tetapi Anda tidak tahu mengenai hal ini. Tentunya Anda akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan content boost dari Instagram yang dapat meningkatkan visibilitas profil perusahaan Anda. Meng-update diri Anda dengan tren terkini dapat membuka peluang bagi Anda untuk mengembangkan bisnis. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan hanya karena kekurangan informasi.

Hal ini juga berlaku jika Anda menggunakan SEM untuk mempromosikan website. Anda harus tahu kompetisi yang ada, memahami tren kata kunci, dan intensitas persaingannya. Tanpa pengetahuan akan hal-hal tersebut, bukan traffic dan sales yang didapat, malahan Anda bisa rugi besar karena salah pilih kata kunci.

Tapi Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kesulitan untuk melakukan promosi dengan SEM, kami bisa membantu. Anda dapat mencapai puluhan ribu penayangan dan ribuan pelanggan potensial di seluruh Indonesia dengan layanan digital marketing (SEM) NORE. Mau tahu lebih lanjut? Kunjungi halaman layanan NORE.

 

Baca juga: Digital Marketing Website: Mengenal SEO dan SEM

 

Photo by Dave Photoz on Unsplash

 

“Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat menuju kemenangan. Taktik tanpa strategi hanyalah kebisingan sebelum datangnya kekalahan.”

 

Untuk memastikan kesuksesan digital marketing dibutuhkan adanya disiplin (strategi) dan eksekusi (taktik). Dalam hal ini, strategi dapat menentukan arah dan target jangka panjang digital marketing. Sedangkan taktik merupakan hal-hal yang Anda lakukan dari hari ke hari seperti publikasi artikel, upload konten, dan promosi melalui berbagai platform digital yang Anda gunakan.

Tanpa eksekusi yang konsisten, Anda mungkin akan menghabiskan waktu yang lama untuk mencapai keberhasilan strategi marketing. Akan tetapi jika Anda melancarkan taktik tanpa adanya tujuan yang jelas, Anda juga akan kesulitan menentukan target dan mengukur keberhasilan Anda.

 

Baca juga: 5 Tips Belajar Menjadi Content Writer dari Awal

 

Praktekkan 3 strategi jitu digital marketing tahun 2022 dari Sun Tzu ini untuk mencapai target marketing Anda di tahun depan.

Jika Anda mengalami kendala IT, NORE solusinya. NORE memberikan berbagai macam solusi No Repot No Rempong yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda serta dilengkapi pemeliharaan dan pengoperasian. Anda warga Kota Semarang? Jika Anda mencari jasa pembuatan website, sistem informasi, hingga digital marketing di Semarang Anda dapat mengunjungi headquarter kami secara langsung di Gedung SETOS Lantai Dasar G10 atau konsultasi melalui Whatsapp di +62 811 2772 788.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

Chat sekarang
Butuh bantuan?
Halo, apakah ada yang bisa kami bantu?