Kerja Sehat, Walau Jadwal Padat!

Nore Website - Thumbnail Artikel 2022

Era Digitalisasi dan Permasalahannya

Di era digitalisasi saat ini pekerjaan yang semula dilakukan secara konvensional mulai bergeser dengan sistem komputerisasi, hal yang memudahkan manusia dalam bekerja tanpa banyak melakukan gerakan tubuh. Namun sistem tersebut juga mempunyai dampak negatif bagi kesehatan manusia, hal ini karena manusia dipaksa duduk dan menatap layar komputer berjam-jam tanpa peregangan otot. Dalam sebuah jurnal studi kesehatan menurut (Guyton,1995) mengatakan bahwa 40% dari berat badan manusia terdiri dari otot rangka dan 10% terdiri dari otot polos dan jantung. Otot-otot tersebut yang membentuk sistem muskuloskeletal, sebuah sistem yang terdiri dari otot, jaringan ikat, saraf, serta tulang dan sendi yang berperan penting dalam gerakan tubuh.

Perlu Sobat Nore ketahui, ada banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan karena terlalu lama duduk atau duduk dengan posisi yang tidak ergonomis (tidak benar) dibarengi menatap layar komputer dengan intensitas tinggi, berikut Nono jabarkan:

  1. Sakit punggung: sakit punggung atas dan punggung bawah juga berasal dari posisi duduk yang tidak benar. Keduanya dapat mengakibatkan tekanan tulang bagian belakang, sehingga akan terasa nyeri pada otot di daerah tersebut terutama pundak dan leher.
  2. Permasalahan pada sendi dan otot: ketika sendi dan otot terlalu lama diam untuk duduk akan timbul rasa tidak nyaman dan menyebabkan otot kaku (kram).
  3. Terganggunya sirkulasi darah: aliran darah akan terganggu dan menyebabkan masalah sirkulasi pada otot atau sendi seperti kesemutan.
  4. Masalah postur tubuh: ada beberapa masalah pada postur tubuh utamanya kelainan pada tulang belakang yang disebabkan oleh posisi duduk yang tidak benar dan jika dibiarkan dalam jangka lama akan menyebabkan perubahan permanen pada postur tubuh seperti kifosis, lordosis, dan skoliosis.
  5. Masalah pada penglihatan: masalah ini sering terjadi pada pekerja dengan intensitas tinggi di depan layar komputer, ditambah dengan posisi duduk yang tidak menjaga jarak pandang mata dengan layar komputer. Beberapa masalah penglihatan tersebut seperti miopi, hipermiopi, dan presbiopi.

Apa itu Anthropometry?

Itu dia Sobat Nore beberapa masalah yang timbul ketika kita bekerja dengan posisi duduk yang tidak benar di depan layar komputer. Dalam dunia kesehatan utamanya di bidang biomekanika sering disebut istilah anthropometry untuk menganalisis dan mengukur dimensi fisik manusia. Ilmu ini merupakan studi yang mencakup pengukuran dan analisis karakteristik tubuh manusia seperti, tinggi badan, berat badan, panjang lengan, panjang tungkai, dan dimensi tubuh lainnya. Informasi yang diperoleh dari analisis dan pengukuran tersebut dapat digunakan untuk beberapa keperluan seperti desain peralatan, perancangan ruang kerja, pengembangan pakaian, dan penelitian medis lainnya. Tujuannya adalah agar menciptakan gerakan dan posisi kerja yang ergonomis untuk kesehatan kerja. Itu dia Sobat Nore sekilas mengenai anthropometry yang bisa Nono jelaskan untuk pengetahuan para pekerja digital sekalian agar dapat menciptakan perkembangan di dunia teknologi untuk kenyamanan kerja dalam dunia digital.

Tips dan Trik

Namun Sobat Nore sekalian tidak perlu khawatir dan parno dengan hal tersebut, Nono akan memberikan beberapa tips dan trik bagaimana tetap sehat bekerja di tengah jadwal yang padat khususnya untuk para pekerja era digital, berikut:

  1. Pemanasan dan peregangan: Pemanasan dan peregangan otot tidak hanya untuk atlet atau para pekerja konvensional saja, namun sangat penting juga dilakukan untuk Sobat Nore yang bekerja di depan layar komputer. Hal ini untuk memperlancar sirkulasi darah agar terhindar dari cidera seperti nyeri sendi dan kram.
  2. Atur posisi duduk: Atur posisi duduk yang nyaman dan rileks namun tetap memperhatikan posisi punggung yang lurus dan terhubung dengan kursi. Kemudian jangan lupa paha yang sejajar dengan lantai serta kaki yang rata di lantai, untuk posisi siku harus membentuk sudut 90 derajat dengan lengan rileks di samping tubuh.
  3. Atur dan sesuaikan kursi yang digunakan: Atur kursi sesuai dengan posisi duduk, gunakan bantalan punggung untuk membentuk lengkungan punggung yang alamiah. Gunakan juga bantalan tambahan pada kursi anda agar tulang belakang bagian bawah lebih nyaman dalam menopang tubuh Sobat Nore dalam duduk ketika bekerja.
  4. Atur posisi layar komputer: Atur jarak monitor sekitar panjang lengan tangan dari mata dan sudut pandang sejajar dengan bagian atas monitor.
  5. Istirahat dan gerakan peregangan: Istirahat sejenak dengan berdiri atau berjalan-jalan dan lakukan peregangan sederhana setiap 30 hingga 60 menit sekali selama beberapa detik untuk menghindari kekakuan otot (kram) dan kesemutan sehingga otot terjaga fleksibilitasnya.
  6. Ubah pola duduk: Hindari pola duduk yang sama dengan intensitas waktu yang terlalu lama dengan mengubah posisi duduk secara teratur dan rileks.
  7. Sediakan air minum yang cukup: Sediakan air minum yang cukup untuk menjaga suhu tubuh dan konsentrasi Sobat Nore.

Itu dia sedikit tips dan trik dari Nono untuk Sobat Nore praktikan agar tetap sehat di tengah jadwal kerja yang padat. Semoga tetap semangat dan sehat dalam bekerja walau terpaku di layar kaca. Sambut era digital dengan penuh kesiapan dan optimisme menatap peluang.

Baca juga : Cara Menjadi VTuber Dengan Modal Laptop!

Oh, ya, buat Sobat Nore yang bingung mempersiapkan usahanya menuju era digital tidak usah bingung kemana harus konsultasi soal membuat website, sistem kasir, pembukuan digital, serta sistem lainnya. Langsung saja hubungi Nore, No Repot, No Rempong, tenang…. layanan konsultasi dijamin GRATISS….., mulai era digital usahamu sekarang juga bersama Nore Inovasi.

Berita Lainnya