Buat Daftar Isi Otomatis di Word, Hanya 5 Menit!

Daftar isi merupakan salah satu bagian karya tulis yang penting. Baik itu dalam laporan, makalah, buku, bahkan skripsi perlu adanya sebuah daftar isi. Daftar isi berperan sebagai panduan bagi pembaca yang menunjukkan letak konten. Banyaknya halaman dalam sebuah karya tulis akan menyulitkan pembaca ketika ingin mencari konten tertentu apabila daftar isi tidak ada.

 

Namun, pembuatan daftar isi ini banyak sekali dikeluhkan oleh para penulis, hal ini dikarenakan prosesnya yang lama dan ribet. Mulai dari menyesuaikan urutan halaman konten, mengatur baris, bahkan menambahkan titik-titik secara manual. Oleh karena itu, membuat daftar isi secara otomatis dapat membantu mempercepat pengerjaan karya tulis. Masih bingung cara membuatnya? Simak tips dari Nono berikut ini, ya!

 

Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

 

Langkah 1: Modifikasi Heading

 

Hal pertama yang perlu sobat Nore lakukan untuk membuat daftar isi otomatis yaitu dengan memodifikasi heading yang ada. Heading yang umum digunakan yaitu heading 1, heading 2 dan heading 3. Heading 1 biasa digunakan untuk penulisan judul, heading 2 biasa digunakan untuk penulisan nama sub judul, heading 3 digunakan untuk penulisan anak sub judul, dst.

 

Lokasi opsi untuk modifikasi heading dalam MS Word

 

Dengan memodifikasi heading, sobat Nore bisa mengatur format yang ingin digunakan mulai dari font, ukuran dan warna. Misalnya heading 1 menggunakan teks yang lebih besar dan tebal (bold). Hal ini dapat memudahkan dalam proses pembuatan daftar isi karena kita tidak perlu mengganti format teks satu persatu nantinya.

 

Langkah 2: Menambahkan Heading

 

Selanjutnya sobat Nore perlu memilah teks mana yang merupakan judul, sub judul, anak sub judul, dst. Setelah itu, sobat Nore perlu menambahkan heading pada masing-masing bagian tersebut. Berikut langkah-langkahnya :

 

  1. Buka halaman ‘References’ yang ada pada menu bagian atas pada Word.
  2. Blok bagian teks yang ingin ditampilkan pada daftar isi.
  3. Pilih heading yang ingin dipakai pada pojok kanan atas.
  4. Lakukan heading pada semua bagian sampai selesai.

 

Atur heading sesuai fungsi kalimatnya

 

Langkah 3: Menampilkan Daftar Isi

 

Setelah mengatur heading konten, langkah selanjutnya yaitu menampilkan daftar isi pada halaman awal karya tulis. Berikut langkah-langkahnya :

 

  1. Buka Halaman ‘References’ yang ada pada menu bagian atas pada word.
  2. Klik ‘Table of Contents’ yang ada di sebelah pojok kiri.
  3. Selanjutnya pilih tabel yang diinginkan.
  4. Daftar isi akan tampil sesuai heading yang telah diatur.

 

Cara menampilkan daftar isi otomatis di MS Word

 

Bonus: Memperbarui Daftar Isi

 

Selanjutnya, apabila sobat Nore menambahkan beberapa heading yang baru, maka perlu pembaruan daftar isi. Pembaruan daftar isi bisa dilakukan sesuai langkah-langkah berikut :

 

  1. Klik ‘Update Table’ pada bagian atas daftar isi. Cara update daftar isi otomatis di MS Word
  2. Disini ada dua pilihan update. pilihan pertama hanya untuk memperbarui nomor halaman saja. Sedangkan pilihan kedua isi konten akan diperbarui juga.Opsi update daftar isi otomatis di MS Word
  3. Selanjut klik ok. Daftar isi berhasil diperbarui.

 

Gimana sobat Nore, mudah bukan membuat daftar isi secara otomatis? Semoga artikel Nono diatas bermanfaat ya buat sobat Nore. Mau tips apa lagi nih? Bagikan di kolom komentar, ya! (Oleh: Siti Nurhaliza)



Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

Chat sekarang
Butuh bantuan?
Halo, apakah ada yang bisa kami bantu?