Apa itu Company Profile?
Banyak pebisnis yang belum mengerti apa itu company profile dan pentingnya company profile pada sebuah perusahaan. Company profile merupakan informasi dasar sebuah perusahaan. Informasi ini dikemas secara menarik agar dapat menarik perhatian pengguna internet yang nantinya diharapkan akan menjadi calon pelanggan.
Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang perlu company profile. Namun, para pelaku UMKM juga perlu company profile untuk meningkatkan kredibilitas usaha. Website company profile atau profil perusahaan memungkinkan calon pelanggan mengenal lebih dalam mengenai perusahaan serta produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut.
Langkah awal sebelum memutuskan untuk membuat company profile adalah memahami dan memperhatikan fitur-fitur apa saja yang diperlukan agar website memenuhi standar dan bisa menarik perhatian pelanggan. Kali ini Nono bakal menjelaskan beberapa fitur yang wajib ada pada website company profile sobat Nore. Yuk, simak sampai akhir ya!
Baca juga: 10 Istilah Dalam Pembuatan Website Yang Perlu Dipahami
Home Page
Home atau bisa juga disebut sebagai beranda merupakan halaman utama sebuah website. Ketika mengakses suatu website halaman pertama yang akan muncul adalah halaman home. Pada umumnya profil singkat perusahaan berada pada home page ini. Pada halaman ini juga, kita bisa memilih ke halaman mana yang akan kita tuju.
CTA
CTA merupakan singkatan dari call-to-action. Call-to-action (CTA) merupakan sebuah gambar, tulisan maupun ucapan yang mendorong seseorang untuk melakukan action tertentu baik itu membaca informasi lebih lanjut, menghubungi kontak, menggunakan jasa yang ditawarkan, atau mungkin berlangganan artikel dari website.
Biasanya CTA diarahkan menuju ke halaman tertentu. Selain itu, desain CTA biasanya dibuat kontras dengan tampilan website agar terlihat jelas oleh pengguna. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna.
Hasil Karya/Portofolio
Pada halaman ini, semua hasil kerja sebuah perusahaan ditampilkan. Perusahaan dapat memilih proyek-proyek atau hasil karya terbaik dan memasangnya di website. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan. Selain itu portofolio akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.
Layanan
Halaman layanan biasanya berisi layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan. Halaman ini menjadi salah satu halaman terpenting dalam sebuah company profile. Rata-rata pelanggan mengunjungi website perusahaan untuk mencari tahu produk atau jasa apa saja yang ditawarkan. Oleh karena itu halaman layanan ini wajib ada pada website company profile sobat Nore.
About Us
Halaman about us atau tentang kami, merupakan halaman yang menjelaskan informasi seputar perusahaan. Mulai dari profil perusahaan, sejarah, visi dan misi, serta latar belakang berdirinya perusahaan tersebut. Disini pengguna bisa mengenal perusahaan lebih jauh lagi.
Mobile Friendly
Fitur terpenting lainnya yaitu mobile friendly. Website company profile harus sudah mobile friendly. Hal ini bertujuan agar para pengguna mudah mengakses website dari berbagai perangkat. Tanpa optimasi mobile, website yang diakses melalui smartphone tampilannya akan berantakan. Ketika tampilan website tidak menarik, maka pelanggan akan beralih ke website lain yang lebih user friendly.
Fitur Chat
Fitur chat menjadi nilai plus dalam sebuah company profile. Apalagi jika ditambah fitur live chat. Dengan fitur live chat pelanggan bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan. Interaksi ini diharapkan mampu menarik pelanggan baru.
Namun hal yang perlu diperhatikan ketika menambahkan fitur live chat yaitu kecepatan balasan. Pelanggan tidak mungkin menunggu lama balasan admin untuk mendapatkan jawaban. Apabila admin terlalu lama menjawab, maka calon pelanggan akan beralih ke website yang lain.
Salah satu solusi untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan fitur chatbot. Disini petugas customer service tidak perlu menjawab dengan cepat karena ada bantuan bantuan program bot yang akan menjawab pertanyaan dari pelanggan.
Kecepatan Akses
Kecepatan akses sebuah website juga perlu diperhatikan. Pada umumnya pengguna tidak suka menunggu loading yang terlalu lama. Oleh karena itu kecepatan akses perlu dioptimalkan agar pengguna tidak beralih ke website yang lain.
Baca juga: 8 Perbedaan Website Statis Dan Dinamis Yang Wajib Diketahui!
Itulah fitur-fitur yang wajib ada pada company profile perusahaan sobat Nore. Sebelum memutuskan untuk membuat website, tentunya harus tau dong fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan. Nah, untuk mendapatkan website sesuai kebutuhan gunakan jasa website Nore. Dengan bantuan tenaga IT berpengalaman, semua kebutuhan website sobat Nore akan terpenuhi. Hubungi Nore sekarang juga! (Oleh: Siti Nurhaliza)