3 Tren Teknologi dalam Bisnis Perhotelan

Teknologi selalu memegang peran penting dalam berbagai aspek kehidupan dan bisnis termasuk untuk bisnis hospitality atau perhotelan. Dukungan dari teknologi dapat meningkatkan kualitas pengalaman tamu yang menginap ataupun beraktivitas di fasilitas hotel dan penginapan sobat Nore. Bukan hanya itu, pebisnis pun dapat meraih keuntungan dengan memanfaatkan teknologi terkini. Booking kamar online misalnya, tidak hanya memberikan kemudahan bagi tamu untuk memilih dan memesan kamar dengan praktis melalui perangkat pintar tetapi juga dapat meningkatkan exposure dan penjualan hotel. Penting bagi pelaku bisnis untuk terus update tentang tren teknologi terkait agar dapat mengikuti arus perkembangan bisnis dan dunia digital. Simak 3 tren teknologi dalam bisnis perhotelan berikut ini:

 

Baca juga: 5 SEO Tools yang Wajib Kamu Tahu

Table of Contents

Teknologi Touchless

Sejak pandemi melanda di tahun 2019, berbagai macam protokol kesehatan dan kebersihan diterapkan. Salah satunya adalah cashless payment. Hampir semua gerai retail dan berbagai fasilitas lain yang membutuhkan pembayaran dituntut untuk menyediakan cara bayar cashless baik dengan kartu kredit, debit, atau uang elektronik. Teknologi ini kemudian berkembang dengan adanya penggunaan QR Code. Dimulailah era pembayaran touchless dimana pelanggan tidak perlu melakukan kontak dengan kasir untuk melakukan transaksi. Cukup dengan mengarahkan smartphone ke kode QR yang tersedia, dana secara otomatis akan ditransfer dan transaksi dapat diselesaikan dengan kontak fisik seminimal mungkin.

Selain pembayaran, teknologi touchless juga banyak ditemukan di pusat perbelanjaan dan restoran dimana pengunjung dapat memindai kode QR untuk dapat memasuki area fasilitas, mendapatkan informasi promo dan kode voucher, hingga akses ke menu restoran dan pemesanan. Teknologi touchless juga digunakan untuk menunjang protokol kebersihan dan kesehatan seperti untuk mengukur suhu tubuh pengunjung, dispenser hand sanitizer, membuka tutup tempat sampah, dan masih banyak lagi.

Bisnis perhotelan tentunya tidak luput dari tren ini. Kini berbagai transaksi baik di resepsionis maupun di restoran hotel dapat dilakukan secara touchless. Pemesanan layanan kamar juga dapat dilakukan melalui form digital, website, dan aplikasi yang tersedia. Pada pengembangannya, hotel dapat memasang sistem voice control untuk mengendalikan berbagai macam perangkat elektronik yang ada di dalam kamar hotel. Selain lebih steril, adanya teknologi ini dapat meningkatkan kenyamanan tamu.

Photo by David Dvořáček on Unsplash

 

Penggunaan AI

Penggunaan teknologi AI terutama dalam bentuk chatbot untuk meningkatkan pelayanan online seakan sudah menjadi sebuah keharusan dalam bisnis perhotelan. Chatbot biasanya hadir dalam bentuk balasan otomatis dalam aplikasi atau fitur chat website dan dapat beroperasi 24/7. Kapanpun tamu membutuhkan informasi, chatbot dapat menyediakan solusi yang sesuai. Ketika masalah yang dihadapi tidak ada di dalam sistem chatbot, tamu dapat langsung dihubungkan kepada customer service terkait.

Selain siap sedia melayani tanpa henti, chatbot juga dapat membantu untuk meningkatkan kinerja customer service dan front office. Chatbot dapat mengklasifikasikan problem mana yang tidak perlu tenaga dan pelayanan manusia dan mana yang mengharuskan adanya interaksi langsung dengan petugas. Kualitas pelayanan AI ini pun juga dapat terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.

 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Hotel Wajib Punya Website

 

Virtual & Augmented Reality

VR dan AR menjadi dua topik yang semakin sering dibicarakan di kalangan masyarakat digital. Dalam bidang perhotelan, keduanya bisa jadi sangat berguna. Teknologi VR dapat membantu hotel dalam menampilkan 360° room tour dan fasilitas hotel lain. Virtual tour dapat diakses dengan mudah melalui website atau halaman profil media sosial yang mendukung. Sedangkan teknologi AR dapat dimanfaatkan untuk petunjuk jalan, atraksi unik seperti pengambilan gambar dengan AR, dan juga kegiatan seru seperti games untuk pengunjung anak. Dengan memanfaatkan kedua teknologi ini, pebisnis hotel dapat memberikan pengalaman kunjungan baru, hi-tech, dan berbeda.

 

Tren teknologi apa lagi yang berguna untuk bisnis perhotelan? Tulis komentar Anda di kolom komentar di bawah, ya.

 

Bicara soal teknologi, digitalisasi bisnis sangat penting bagi perusahaan untuk dapat terus bersaing di tengah perkembangan dunia bisnis yang begitu pesat. Membangun platform digital dan merangkul teknologi dalam operasi bisnis sehari-hari merupakan kunci sukses bisnis di era digital. Yuk, digitalisasi bisnis No Repot, No Rempong bersama Nore. Mulai dari jasa pembuatan website, sistem informasi, aplikasi berbasis web, aplikasi Android/iOS, hingga digital marketing semua bisa. Konsultasi langsung dengan ahlinya, kunjungi headquarter CV Nore Inovasi di Gedung SETOS Lt. Dasar G10, Jl. Inspeksi Gajahmada, Semarang atau Whatsapp CS Nore.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

Chat sekarang
Butuh bantuan?
Halo, apakah ada yang bisa kami bantu?